Mau ubah Suara Realtime? Taffware Soundcard Live Broadcast V10 Bluetooth USB!

RahmanCyber.COM - Sebenarnya untuk alat ini sudah pernah kita bahas sebelumnya di Channel RahmanCyber, yaitu Taffware V10, Alat ini tuh mungkil banget dan berbentuk kotak dengan rounded di setiap sisi kotaknya.


{getToc} $title={Table of Contents}



Soundcard Bluetooth
soundcard bluetooth murah



Untuk video Unboxingnya sudah kita rilis beberapa tahun yang lalu.



 

Jadi itu adalah video Unboxing Taffware Audio Bluetooth USB External Soundcard Live Broadcast Microphone Headset with Remote - V10, kok aku pilih Taffware V10 dibanding dengan Taffware V8 Plus yang sama sama mempunyai kemampuan Bluetooth dan sama sama harganya mahal, Worth it nggak sih barang ini,, Menurut saya sih Worth it sih digunakan untuk broadcast dan streaming secara live diberbagai platform seperti youtube, twitch dan lainnya.




Tentunya jika sudah memiliki budget yang lebih, kita bisa beli yang lebih professional, cuman untuk budget terbatas, taffware v10 ini udah oke banget.


RahmanCyber.NET menggunakannya untuk membuat video di channel youtube resmi RahmanCyber.



Bagaimana Build Cassing Taffware Soundcard Bluetooth v10?


Build Casing Taffware v10 ini saya lihat sebagian besar menggunakan Plastik, tetapi cukup padat dan kokoh, dengan beberapa tombol kecilnya memakai bahan karet untuk melapisi tombol yang juga terbuat dari plastik.



Selama pemakaian, pernahkah mengalami kerusakan?


Yup, ini saya sudah memakainya cukup lama, dari tahun 2018 atau 2019 an kalo gak salah, jadi udah bertahun tahun, dan secara keseluruhan disini saya bisa kasih nilai 70% lah, ya tentu karena pemakaian ya sob, dan saya juga jarang ngebersihin, ini berdebu punyak saya..  terus beberapa karet tombol lepas.. hehe ini juga karna saya sendiri kurang merawatnya dengan baik, terlebih ada tikus di tempat saya yang ngebuat ini jadi acak acakan...

Oh iya, tahun kemarin ini Taffware v10 tidak mau nyala, saya pikir rusak, setelah saya bongkar dan test dibagian Battery ternyata masih oke, dan test voltasenya juga oke..

Tetapi ternyata permasalahan ada di bagian Switch on off nya.. sehingga ya perlu ganti sendiri, dan murah kok :) tombol switchnya gak sampe 5000 perak palingan.. dan Jreng jreng.. akhirnya Soundcard eksternal bluetooth Taffware V10 saya, bisa hidup kembali dan normal sampai sekarang.



Apakah Taffware v10 ini ada Noise Reductionnya?


Dari pengamatan saya, enggak ada ya.. disini saya menghubungkan Taffware v10 dengan PC melalui port "Live" yang tersedia di Taffware v10, dimana itu akan mengirimkan beberapa sumber audio yang tertancap di port yang ada di Taffware v10 menjadi satu melalui port "Live" tersebut.

Disini terdapat dua Port Liver.. yaitu Port Live 1 dan Port Live 2... sehingga kalian bisa live di dua device bersamaan, misalnbya di Komputer dan Smartphone.

Menarik banget, untuk Live Zoom, Google Meet, kita bisa menjadi lebih bervariasi dan juga kita bisa ganti suara langsung ketika Online Meeting..hehe.



Bisakah Taffware Soundcard External v10 ini Mengubah Suara kita langsung di komputer?


Yup! bisa banget gan, ada beberapa pilihan suara, cuman saja untuk monitoring suaranya gak ada di layar ya sob, jadi untuk berganti suara, cukup menekan tombol "Pitch Bend", dan dengarkanlah suaranya langsung.

Ada variasi suara perempuan, suara laki laki, suara anak kecil, suara yang berat... lumayan variatif sih..



Apakah Taffware v10 Soundcard bisa menerima sumber Audio dari Bluetooth?


Yup! bisa banget, jadi kalian gak perlu beli Bluetooth Receiver lagi bro.. udah insclude semua, tinggal pairing device kalian saja ke Taffware v10 ini.. dan otomatis akan kedeteksi.

Disini saya udah coba di perangkat smartphone seperti Samsung A03S pun bisa bro.. jadi cukup universal.



Bisakah ini kita koneksikan ke Sound System?


Bisa, asalkan ada port Input output hifi untuk kabel AUX.... oh iya, kita mengkoneksikan ke komputer juga pakai konektor  HIFI ya gan... jadi di port yang ada di komputer kan ada Audio Output dan Microphone Input, nah ini untuk Taffware v10 memakai kabel AUX yang sudah HIFI artinya untuk Input dan Output jadi satu ya gan.. sehingga kita butuh konektor atau adapter audio.


Alatnya tuh seperti ini di Marketplace.



Bisakah Taffware Soundcard Bluetooth v10 ini untuk mengatur Bass?


Yup! disini terdapat knob putar untuk mengatur BASS, jadi nanti output bisa kita tambahi BASS nya langsung dari perangkat ya sob, sehingga kalian enggak butuh Software lagi buat ngedit audio untuk nambah Bass.


Bisakah Taffware Soundcard Bluetooth v10 ini untuk mengatur Treble?


Yup! disini terdapat knob putar untuk mengatur Treble, jadi nanti output bisa kita tambahi Treble nya langsung dari perangkat ya sob, sehingga kalian enggak butuh Software lagi buat ngedit audio untuk nambah Treble.



Apa aja sih kegunaan Taffware v10 Soundcard USB External?


Ada banyak yang terkait dengan Audio, jadi alat ini dapat membuat efek-efek suara elektronik artifisial (total ada 19 Sound Effect dan 6 Mode Efek termasuk MC, Pitch Bend) dimana ini bisa dikombinasikan secara live dari microphone yang kita miliki. 

Saya disini Biasa menggunakannya untuk broadcast dan streaming secara live diberbagai platform seperti youtube, twitch dan lainnya, maupun untuk keperluan recording, sehingga tidak perlu susah susah lagi ngedit dengan software editing audio seperti Audacity hanya untuk menambah efek.



Kendali suara apa aja yang dimiliki Taffware Soundcard External v10?


Untuk Knob kendali suara yang tersedia antara lain echo, treble, bass, record volume control, music volume control dan monitoring volume control (fungsi earphone).



Apakah ini bisa untuk Mobile Phone?


Yup! bisa gan.. kita bisa gunakan ini untuk live Mobile (Smartphone) maupun PC, laptop bahkan Taffware v10 ini bisa juga untuk Chromebook. 

Sehingga dengan ini, kita dapat live melalui beberapa pilihan perangkat.



Apa saja kelengkapan Taffware Soundcard External ketika di Unboxing?


Seperti pada review dan unboxing video yang saya sertakan di postingan ini, Barang-barang yang saya dapat dalam kotak produk:


  • 1 x Audio Bluetooth USB External Soundcard Live Broadcast Microphone Headset - V10
  • 3 x Audio Cable Aux
  • 1 x USB Cable
  • 1 x Remote
  • 1 x User Manual


Kalian bisa melihat detailnya di video yang saya sematkan diatas, dan untuk pembahasan yang menyangkut tentang Pengalaman saya menggunakan Taffware Soundcard External v10, insyaAllah kita tambahkan disini kalo ada lagi...



Kekurangannya Taffware Audio Soundcard External v10 Apa ya?


  • Battery saya ngerasa cepet habis dan perlu di charge.. kira kira kalo dibuat 3-4 jam nonstop jika tidak sambil ngecharge, jika sambil ngecharge sih aman... oh iya btw disini saya pake powerbank, biar enggak over voltage.
  • Saya koneksikan ke Port USB, jadinya jelek... jadinya saya hanya menggunakan port Audiodi Komputer gan.. ya intinya melalui Soundcard internal yang terpasang di komputer gitu deh... hehe.



Kelebihannya Taffware Audio Soundcard External v10 Apa ya?


  • Yup! kelebihannya si Taffware v10 ini dia Portabel dan gampang dibawa kemana mana
  • Kemudahan untuk memahami tombol, interfacenya gampang gak ribet
  • Tersedia banyak Port untuk Mixing
  • Bisa Live di 2 Perangkat, karena ada 2 port live
  • Bisa Monitoring suara langsung (Ada Port Headphone)
  • Bisa juga Piring ke Chromebook!




Sekian pembahasan kita tentang Taffware Soundcard Bluetooth Eksternal ini, semuanya saya tulis berdasarkan pengalaman pemakaian saya sendiri, alias ini original saya tulis sendiri..dan mohon maaf jika bahasanya masih kurang professional. Jika ada tambahan atau pertanyaan, bisa langsung di kotak komentar ya.. Tapi di Moderasi untuk mengantisipasi SPAM.



*Artikel dalam Bahasa Inggris disini.


Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال