Tak Perlu Ngolor Kabel Panjang Lagi! Pake Hollyland Mars 400s Pro Broadcast

RahmanCyber.COM | RahmanCyber.NET - kali ini kita berbagi pengalaman menggunakan Hollyland Mars 400s Pro Broadcast yang merupakan alat yang dapat mentransmisikan data video dari kamera video professional (contoh seperti Sony HXR , Panasonic Leica dll) yang intinya disini alat ini tuh dia support SDI maupun HDMI bro, sehingga perangkat kamera video yang memiliki output SDI maupun HDMI bisa..

Konsepnya adalah Transmitter - Receiver gan! secara sederhananya disini Hollyland Mars 400s Transmitter diletakkan ke kamera, sedangkan untuk Hollyland Mars 400s Receiver diletakkan di laptop maupun pc streaming kita... setelah itu kalian bisa memakai Capture Card untuk menghubungkan hdmi receiver ke hdmi input di capture card.

Jika kalian memakai Atem Mini maupun Atem Mini Pro juga bisa bro...hehe itu juga sama sama capture card, tapi lebih professional karena dia juga switcher.


Box HOLLYLAND mARS 400S pRO
Box Hollyland Mars 400s

Seperti itulah gan penampakannya! Hollyland Mars 400s Pro Box nya... lalu apa aja sih isi di dalamnya?




Isi dalam Box Hollyland Mars 400s Pro


Ada beberapa sih, cuman sayang sekali aku tidak bisa paparkan pas baru, karena itu bukan aku yang unboxing dulunya pas masih baru.. cuman disini aku tunjukkan beberapa isi dalam box hollyland mars 400s tersebut.


  • Box Mars 400S Pro – 1TX to 1RX
  • Transmitter x1 (Untuk mengirimkan data video)
  • Receiver x1 (Untuk Menerima data video)
  • Antenna x5 (Antena yang digunakan tuh ada 4, sedangkan 1 nya itu cadangan)
  • DC Adapter x1
  • User Manual x1


lebih jelasnya kalian bisa lihat di video yang sudah aku buat.



Seperti apa Interfacenya?


Hollyland ini memiliki HDMI Input (Type A Female) dan SDI Input untuk Transmitternya dan HDMI Output dan SDI Output untuk Receivernya.


Interface Hollyland Mars 400s
Interface dasar, dan Power Hollyland Mars 400s


Tiap Receiver dan Transmitter memiliki 2 Antenna Interfaces (RP-SMA Male), sedangkan untuk power / dayanya disini terdapat DC Input (DC Power Input: 6-16V) maupun USB-C (USB-C Power Supply: 5V/2A) , selain itu untuk dayanya juga mendukung Battery, kalian bisa pake battery (Battery Power Supply: 6-16V DC) seperti milik Sony HXR NX100 .

Konsumsi Power nya kurang dari 11W gan... 



Video Format (I/O) yang di dukung


Setidaknya untuk alat ini support maksimal Full HD ya gan... jadi untuk 4K minggir dulu... kurang lebih spesifikasinya seperti ini.. sesuaikan dengan kamera yang digunakan beserta kabel yang penghubung antara kamera ke transmitter. Karena tiap kabel itu juga berbeda kecepatan transfer datanya, SDI adalah kabel dengan transfer rate lebih cepat dari HDMI.


HDMI:

  • 480p60
  • 576p50
  • 720p50/59.94/60
  • 1080i50/59.94/60
  • 1080p23.98/24/25/29.9/30
  • 1080p50/59.94/60

SDI:

  • 1080p60/59.94/50 (Level A)
  • 1080p60/59.94/50 (Level B)
  • 1080i60/59.94/50
  • 1080p30/29.97/25/24/23.98
  • 1080psf25
  • 720p60/59.94/50
  • 1080psf24/23.98



Data Rate sampai 12 Mbps lebih Detail


Jika sobat menginginkan tampilan video yang lebih cryspi... maka kalian bisa memanfaatkan data rate hollyland mars 400s ini ke 12 Mbps. Sehingga nanti gambar  / video yang di dapatkan akan lebih detail. Kira kira seperti ini yang aku screenshot dari Hollyland official.

data rate


Pendinginan Aman! ada 3 Mode


Yups! hal yang paling menjadi sorotan tiap perangkat broadcast yang mentransmisikan data entah itu melalui kabel maupun wireless itu adalah kalau perangkat panas, biasanya akan mempengaruhi performa tayangan. Sedangkan untuk Hollyland Mars 400s ini sudah dilengkapi pendinginan yang mumpuni, terbukti dari penggunaan ketika acara bisa sampai ber jam jam, bahkan yang paling lama pernah sampai 7 jam juga aman aman saja.


Sesuai yang ada di Manual, Ada tiga mode pendinginan yang tersedia: auto / otomatis, low / rendah, dan off / mati. Semakin tinggi kecepatan kipas, semakin rendah suhu casing perangkat. Kipas menghasilkan sedikit kebisingan (tingkat kebisingan maksimum adalah 55dB). Anda dapat memilih mode pendinginan yang memenuhi kebutuhan pengambilan gambar sebenarnya.


Auto mode (Mode otomatis) : Kecepatan kipas disesuaikan dengan suhu perangkat. Untuk memastikan pembuangan panas yang cepat pada perangkat, kecepatan kipas meningkat seiring meningkatnya panas.

Low-speed mode (Mode kecepatan rendah): Kecepatan kipas dikurangi hingga minimum, untuk tingkat kebisingan kipas yang lebih rendah.

Off mode (Mode mati): Kipas dimatikan sepenuhnya untuk memastikan tidak ada suara kipas. Mode ini ideal bila diperlukan lingkungan yang benar-benar tenang.



Bagaimana dengan Latensi nya?


Hollyland menyebut latensinya 0.1s , artinya ini seperti tidak terasa keterlambatan akibat adanya proses transfer data, sehingga realita dengan tampilan di monitor preview atau di perangkat streaming terlihat sama.

dan kenyataannya di lapangan ya benar.. rasanya seperti tidak terlihat keterlambatan dari realita.

Walau ketika dilihat di Proyektor atau Layar lebar memang terdapat keterlambatan, tetapi itu bukan dari si hollyland mars 400s ini, melainkan perangkat output dari laptop ke proyektor yang memang harus transfer data lagi.

Apalagi ke videotron, pernah rasanya lambat, kenapa? karena memang perangkat outputnya bro... jadi perlu upgrade ke yang lebih mumpuni supaya latensi tidak begitu terasa.



Video Pembahasan Hollyland Mars 400s Pro


Disini kita buat video pembahasannya, jadi teman teman bisa melihat secara detail perangkat Hollyland Mars 400s ini.




 

Frekuensi yang digunakan


Saya sebenarnya agak bingung juga, karena di official disebutkan 5GHz untuk frekuensi yang digunakan, tetapi kita pernah mengalami ketika banyak orang di auditorium yang tentu mengakses internet dengan koneksi frekuensi 2.4GHz kebanyakan, terlebih routernya pun juga di 2.4GHz, sehingga disitu aku berkesimpulan apakah karena Transmitter Wifi ditempatkan dekat Receiver si Hollyland Mars 400s Ini yang jadi penyebabnya...

Entahlah...


Hollyland Mars 400s Pro Transmitter dan Receiver
Hollyland Mars 400s Pro Transmitter dan Receiver




Kesimpulan


Dari pengalamanku memakai perangkat itu selama bekerja sih, aman aman saja, cuman beberapa kendala diatas yang memang kalo ditung itung juga auditoriumnya cukup luas, mungkin lebih dari 120m atau 400 kaki yang merupakan jangkauan Transmitter dan receiver Hollyland Mars 400s pro .. aku juga gak ngitung berapa luas auditoriumnya, yang jelas besar banget...


Sekian bro, semoga bermanfaat. 






Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال