RAM (Random Access Memory) vs ROM Sama? atau Beda? vs Harddisk?

RahmanCyber.COM  - Apa itu RAM? Pengertiannya Apa Sih, Kenapa Penting? Oke bro, kali ini kita akan ngebahas tentang pengertian RAM terutama di dunia komputer.


Pernahkah kalian menjumpai teman kalian yang menganggap RAM itu Media Penyimpanan? pernah? Apakah itu salah? Sebenarnya tidak sepenuhnya salah, karena memang RAM itu juga sebagai media penyimpanan, hanya aja sementara, dan ini bukan penyimpanan file yang kita kenal biasanya.


Bedakan antara RAM dan ROM!


Beda lagi ini, Apakah ROM itu Harddisk? bukan! Kalau harddisk itu yang biasa kalian gunakan untuk menyimpan file dan sifatnya dinamis, bisa kalian jadikan read only ataupun bisa read, write, delete...

sedangkan ROM itu semacam memori kecil juga menyimpan file, hanya aja ini sifatnya READ ONLY dan tidak bisa di hapus alias permanen!, makannya nama komponen ini ROM (Read-Only Memory), jika di komputer ini tertanam di Motherboard biasanya untuk menyimpan BIOS. 

Berbeda dengan RAM yang bisa di copot dan diganti oleh orang biasa, ROM ini dia tertanam dan tersolder di Motherboard / Board / PCB Komputer ..

Tapi tidak hanya itu gan, ada juga ROM dalam bentuk CD, namanya CD-ROM, yang artinya itu data di dalamnya tidak bisa di hapus karena READ-ONLY, kalo dulu hal ini digunakan untuk penjualan software, contohnya microsoft yang menjual CD Installer Windowsnya, maupun Microsoft Office, dimana itu CD bisa digunakan berulang ulang untuk dibaca, biasanya memakai alat khusus yang bernama CD ROM.

Tidak hanya CD ROM aja bro, peningkatannya ada DVD ROM, ya sama dengan CD tapi ini kapasitasnya jauh lebih besar, karena kalo CD biasanya hanya 600MB, sedangkan DVD bisa sampai 4GB.

untuk menulis data ke CD/DVD ROM itupun juga tidak sembarangan, itu memerlukan alat khusus untuk menulis data ke kepingan CD/DVD.


Hampir tiap perangkat terdapat ROM gan, untuk menyimpan FIRMWARE maupun BIOS, dimana itu ketika Listrik Mati atau perangkat dimatikan pun, data dan informasi tentang pengidentifikasian perangkatnya masih akan tersimpan dan dapat di load kapanpun komputer atau perangkat dihidupkan, jadi data tersebut tidak hilang, makannya ROM pada komputer juga disebut sebagai non-volatile chip.


Ini dia penampakan ROM di motherboard



Nah, jadi kalo kalian yang masih sekolah, ada pertanyaan pilihan ganda tentang Memori yang tidak bisa di hapus, pilih aja ROM secara gampangnya... :)


Sama dengan RAM yang memiliki banyak varian di pasaran ada DRAM, ata SRAM dan banyak lagi.... sedangkan si ROM ini juga banyak jenisnya, tapi intinya ya ini ROM (Read-Only Memory) ini hanya bisa baca doang...


Oke oke..kita fokus ke ROM yang berkaitan dengan Komputer ya..


Tadi diawal saya sudah katakan bahwa BIOS disimpan di ROM, lalu bagaimana jika kita Update BIOS? kan saat ini kadang ada pembaharuan dari vendor motherboard untuk update BIOS yang lebih terkini?

Nah itu kita bahas..



UPDATE BIOS di ROM??


Kalau jaman dahulu kala memang BIOS itu di ROM dan tidak bisa dihapus, tidak bisa ditambah... tetapi komputer modern sekarang berbeda, BIOS memang letaknya di ROM tapi di suatu tempat yang memungkinkan untuk READ and WRITE..

Makannya ada sebutan FLASH ROM atau kalo di PRINTER itu ada yang namanya EPROM, data disitu bisa di FLASH ULANG artinya bisa di upgrade atau diganti dengan yang baru, tetapi dengan alat khusus jika itu printer... Tetapi jika itu komputer, biasanya dari Pihak VENDOR MOBO akan merekomendasikan software yang digunakan khusus untuk FLASH BIOS ataupun UPGRADE BIOS... contohnya bagi Pengguna MOBO ASUS, itu ada EZFLASH yang biasanya sudah terintegrasi ke tampilan BIOS, tetapi kalian perlu download dulu FILE UPDATE BIOS nya, lalu letakkan ke FLASHDISK, nanti kalian bisa menuju ke EZFLASH.

Intinya sekarang komputer modern memungkinkan kita untuk UPDATE BIOS di suatu tempat yang bisa READ and Write tetapi juga dia bertahan dalam jangka waktu yang lama bahkan ketika komputer tidak mendapatkan daya listrik alias MATI.


Karena apa? karena bro, ROM itu berisi beragam instruksi tentang perangkat, dimana instruksi yang tersimpan dalam ROM itu dijalankan ketika kalian menghidupkan komputer, itu yang dinamakan BOOTSTRAP, itu mengikat beragam informasi tentang lalu lintas komponen hardware dalam board tersebut, sehingga nantinya komponen komponen kalian tidak kacau...RAM kemana Harddisk kemana Processor kemana... hahaha...



Perbedaan Mendasar antara RAM dan ROM ?


Diatas udah punya gambaran lah ya tentang ROM itu sendiri, lalu sekarang untuk mempermudah kalian memahami RAM dan ROM, perbedaan mendasar adalah sebagai berikut:

1. RAM Perlu Daya Listrik makannya disebut volatile chip, sedangkan ROM enggak Perlu, makannya disebut non-volatile chip kalo di bahasa internasional.

2. Ketika Listrik gak ada, atau komputer tidak dapat daya listrik,maka data yang tersimpan di RAM akan menghilang, makannya kalau ada ERROR, kalian bisa putuskan hubungan dari listrik... sedangkan kalo ROM itu tidak hilang, tetap ada walau tidak mendapat daya listrik. (Kadang jika kita tidak menjabut listrik dari komputer, biasanya masih ada listrik listik kecil, makannya kalo kalian sentuh itu kadang nyetrum, sehingga jika kalian pengen mengatasi ERROR, ENTAH itu KOMPUTER maupun smartphone, tablet atau perangkat komputeasi lainnya ya..PUTUSKAN DARI ALIRAN LISTRIK, termasuk BATTERY...

3. Kapasitas penyimpanan RAM jauh lebih besar ketimbang ROM, perbandingannya, jika RAM yang kita amati di pasaran antara 1-256GB atau Gigabyte, sedangkan ROM itu kecil, hanya 4-8Mb aja... ya mungkin ada yang lebih tapi perbedaan dengan RAM itu jauh..




Lalu bedanya RAM, ROM dan HARDDISK?


Singkat aja ya, kalo HARDDISK itu tempat kalian nyimpen File, bahkan ukuran kapasitas penyimpanannya jauh lebih besar dari kedua komponen penting diatas, hanya saja untuk kecepatannya masih kalah dengan RAM yang super cepat..


Bayangkan jika komputer tidak ada RAM, pasti akan lemot dan bahkan tidak bisa buat buka window sederhana sekalipun...


kan kita bisa buat SWAP atau virtual RAM, tapi ketahuilah, itu akan lemot... ^_^ lebih cepat RAM komputer JADUL DDR 1 ... saya tidak mengada - ada, saya mengalaminya sendiri... hehe..


loh bang, banyak yang menyarankan ikh buat swap agar lebih cepat... bahasa kerennya "extended RAM"

hehe, orang mau buat tutorial kan bebas, penting konten... tapi kalo kamu sudah coba sendiri, pasti akan berasa gak terlalu jauh beda.. cuman buat lolosin requirement sebuah software aja yang membutuhkan ukuran RAM tertentu...


Solusi paling tepat adalah....

jeng jeng jeng jeng jeng... Upgrade RAM....


Masih kurang? Upgrade komputer lah, makannya jangan terlalu banyak liat orang main game PC yang rata kanan tapi kita hanya mampu liat aja... ntar serba kurang jadinya.. mereka kaya, kita malah jadi tetap sama aja... kamu harus punya prinsip! apalagi jika perekonomian kita menengah kebawah... daripada waktu dibuang buang untuk kepuasan semu, mending yang nyata nyata aja...


Fokus aja ke meningkatkan SKILL bro. sampai ketika "Apa yang kamu anggap mahal itu jadi Murah... hehe" 




Kesimpulan


Intinya ketiga itu berbeda... Harddisk, RAM, ROM tidak sama... mereka berbeda, tetapi ketiganya adalah sama sama komponen penting dalam rangkaian CPU Komputer kita...

Tanpa RAM, pahit...

Tanpa Harddisk, Asam...

Tanpa ROM, loh mana? gak nyala...



hehe, semoga bermanfaat bro.. itu diatas adalah dari pemahamanku ya bro... silahkan bisa di bantah jika terdapat kesalahan, dan jangan lupa cantumkan sumbernya, bisa juga embed Video dan Gambar di Kotak Komentar... 

Jangan lupa kalo referensi halaman ini, cantumkan tanggal referensinya, dan RahmanCyber.NET



Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال