Bang, Midi Controller itu Ape? Ini nih Nak Fungsinya di Komputer!

RahmanCyber.COM | Apa Itu - Pernahkah kalian mendengar tentang MIDI controller? Jika ya, bagus! Jika tidak, jangan khawatir, saya akan menjelaskan dengan cara yang sederhana. MIDI controller merupakan alat yang biasa digunakan oleh musisi modern untuk mengendalikan perangkat lain, seperti komputer atau synthesizer. Ini adalah alat serbaguna yang memungkinkan kalian menciptakan musik dan mengendalikan instrumen elektronik. Tentunya kalian harus memiliki perangkat lunak yang berisi instrumen siap pakai untuk midi controller ya bro...


{getToc} $title={Table of Contents}


Pengalaman Memakai Midi Controller


Dari dulu itu saya sangat mengidam idamkan bisa bermain Piano, dulu sempat main kerumah teman dan disana ada piano, rasanya pengen main, tetapi itu bukan piano saya. Karena memang harga piano cukup mahal, saya pun baru kesampaian membeli piano ketika sudah mencari uang sendiri, itupun butuh bertahun - tahun sampai menyelesaikan yang dipenting terlebih dahulu, karena semua ada skala prioritasnya.

Sampai tahun 2019 an saya bisa beli, tetapi bukan Piano beneran ya, melainkan Midi Controller berbentuk Piano, dimana ini fungsinya untuk membuat musik.  Saya suka memainkan piano, karena ini seperti melatih keselarasan pemikiran, jadi seperti senam otak gitu deh dan tentunya saya bisa menuangkan hobi disini... 


Midi Controller pertama dan baru satu ini yang aku beli adalah SAMSON CARBON dengan 49 tuts...


Piano Midi Controller
Illustrasi Midi Controller Piano




Jenis-jenis MIDI Controller yang Perlu Kalian Ketahui


Ada beberapa jenis midi controller yang pernah saya ketahui, tetapi yang saya bisa tunjukkan illustrasinya adalah yang keyboard atau piano, sedangkan yang lainnya tidak punya, dan saya pribadi saat ini kurang tertarik, tetapi itu digunakan oleh musisi digital, sedang saya bukan musisi... 


  1. Keyboard Controller: Sebagian besar dari kita tahu apa itu keyboard. Keyboard controller adalah versi yang dirancang khusus untuk mengontrol perangkat musik atau perangkat lunak musik. Mereka memungkinkan kalian memainkan berbagai suara musik dengan mudah.
  2. Touchpad Controller: Alat ini memiliki layar sentuh yang memungkinkan kalian mengeksekusi berbagai ritme, memicu sampel, dan mengendalikan perangkat lunak musik dengan gerakan jari.
  3. Wind Instrument Controller: Jika kalian pandai bermain alat musik tiup, MIDI controller ini akan mengubah suara dan gerakan nafas kalian menjadi musik digital.
  4. DJ Controller: DJ controller adalah alat yang khusus dirancang untuk para DJ. Mereka memudahkan kalian dalam menciptakan musik dan efek langsung.
  5. Fader Controller: Mirip dengan meja pencampur, alat ini memungkinkan kalian mengatur berbagai parameter musik dengan presisi.
  6. Software Controller: Jika kalian adalah penggemar perangkat lunak musik, alat ini dirancang khusus untuk mengendalikan perangkat lunak musik kalian.


Kalian bisa coba searching untuk beberapa jenis lainnya ya... disini https://google.com



Bagaimana Memilih MIDI Controller yang Tepat?


Sekarang, pertanyaannya adalah, bagaimana kalian memilih MIDI controller yang sesuai dengan kebutuhan kalian? Itu tergantung pada apa yang ingin kalian lakukan dengan alat ini. Contohnya saya disini hanya menginginkan Keyboard atau Piano, dan saya memiliki keinginan kuat untuk ini, ya saya ambil ini, sedangkan saya kurang minat dengan lainnya padahal itu semua biasa digunakan musisi, ya tentu saya tidak beli... :) jadi sesuai dengan apa yang kalian inginkan dan butuhkan, tidak semuanya harus sams harus sesuai standard...

Tiap orang memiliki kesukaannya masing - masing... Kalau saya keyboard dan software DAW beserta instrumentnya itu udah cukup... hehe

Ini bukan rekomendasi professional ya, kalo kalian menginginkan rekomendasi professional, maka itu bukan saya... disini saya posisinya sebagai orang yang suka main main instrumen digital aja..

Semakin banyak alat yang kalian miliki dibarengi dengan ilmu tentang alat itu nanti akan membuat pekerjaan kalian jadi lebih cepat selesai, tapi kalo beli alatnya doang ya sama aja... hihihi



Contoh MIDI Keyboard Controller yang Tepat


Kalau dari sudut pandang saya pribadi itu, lebih ke fungsinya sih, jika kita hanya fokus ke piano aja ya SAMSON CARBON dengan TUT 49 atau 61 atau 88 udah cukup sih... semakin banyak TUT , berarti kalian punya bidang main yang lebih luas untuk naiknya NADA.

Tapi jika kalian pengen fungsi lain seperti drum, kalian bisa pilih yang disertai PAD...



Kesimpulan


MIDI controller adalah alat kreatif yang bisa mengubah cara kalian berinteraksi dengan musik. Pilihlah alat yang sesuai dengan gaya musik kalian dan kebutuhan kreatif kalian. 

Yang paling penting adalah jangan sampai hobi kita ini membuat kita lalai dengan kewajiban utama kita.

Semoga Bermanfaat. Jika ada pertanyaan seputar SAMSON CARBON, silahkan.. tapi kalau untuk lainnya, saya tidak memiliki pengalaman untuk itu.










Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال