Heatsink! Sering di remehkan! Padahal Penting Banget untuk Keberlangsungan PC!

RahmanCyber.COM | Apa itu - Yuk mari mengenal Heatsink... :) , heatsink jika di translate dari bahasa inggris ke bahasa indonesia memiliki arti "Pendingin" , yups! betul, sebenarnya memang fungsi si Heatsink ini tidak jauh dari arti tersebut, yaitu alat pendingin.


{getToc} $title={Table of Contents}


Contohnya adalah ini bro, gambar yang kita ambil ketika bongkar CPU untuk mengidentifikasi kerusakan yang terjadi ketika PC tiba tiba mati sendiri.


heatsink cpu
Illustrasi Heatsink Processor


Heatsink ini biasanya terdiri dari bahan konduktivitas tinggi yang dapat menyerap panas dengan baik dan cepat, karena memang penggunaan komputer itu tidaklah sebentar.

Kalau kalian lihat struktur teratas dari Heatsink CPU atau Heatsink Processor diatas itu ada kipas, itu fungsinya untuk mengeluarkan panas, sehingga suhu processor akan tetap stabil dan dingin.


Suhu Panas Processor penyebab Komputer Restart sendiri?


Yup! benar, ini bisa jadi salah satu faktornya! karena kita pernah pengalaman juga Kipas Heatsink mati dan menyebabkan Suhu di Processor tidak terkontrol alias overheat! sehingga untuk keselamatan biasanya komputer akan restart sendiri atau pada suatu kasus, bisa sampai shutdown untuk menjaga agar tidak terbakar.


Apakah Heatsink hanya untuk Processor saja?


Enggak! Heatsink ini tidak hanya untuk Processor aja, tentu biasanya bentuk akan menyesuaikan komponen yang ingin di pasangi heatsink.

Biasanya itu merupakan komponen vital,seperti GPU , heatsink RAM, heatsink SSD ... terutama jika komputer digunakan untuk pekerjaan berat dan memacu performa beberapa hardware komputer tersebut.

Tetapi walau demikian memang untuk primer / yang sudah pasti harus dipasang Heatsink itu adalah Processor, kecuali jika ada trik tertentu yang memiliki kesamaan dengan konsep pendinginan heatsink, itu beda lagi, tetapi secara normal, heatsink itu nempel di processor seperti gambar illustrasi diatas.


SSD Memerlukan Heatsink?


Untuk kasus tertentu misalnya Gaming yang berat atau AAA , tetapi untuk SSD yang NVME ya atau yang ada di port M2 di Motherboard, karena itu SSD tercepat dibandingkan dengan SSD yang memakai koneksi SATA.

Nah, dengan adanya Heatsink tersebut, tentunya akan membuat SSD kalian suhunya lebih stabil dan kalian juga akan mendapatkan performa hardware yang maksimal.



Kesimpulan Pembahasan Heatsink


Jadi kiranya seperti itu untuk pemahaman singkat tentang Heatsink, tentu beda perangkat ya beda bentuknya.

Disini kita pengalaman mengganti heatsink yang rusak, dengan membeli heatsink processor yang ada di pasaran. Tetapi kita perlu mencookkan dengan soket processor, karena kalo beda tidak bisa masuk,misalnya contoh LGA 1700 tidak bisa masuk ke LGA 1155, walau sama sama heatsink, tapi bentuknya berbeda, jika dipaksakan akan bocor dan tidak bisa mendinginkan dengan baik.{alertInfo}


Semoga bermanfaat, jangan lupa ikuti RahmanCyber Channel.









Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال