Apa itu RAM Komputer, kenapa Mahasiswa perlu Memahaminya

RahmanCyber.COM | Apa Itu - Dalam dunia teknologi, istilah RAM atau Random-Access Memory, merupakan salah satu komponen vital dalam setiap perangkat komputer. Bagi mahasiswa yang berhubungan erat dengan komputer, memahami peran RAM dalam meningkatkan kinerja komputer sangat penting. Artikel ini akan membahas secara detail mengenai RAM dan mengapa mahasiswa perlu memahaminya.


Sebelum lebih jauh membaca artikel ini, kalian bisa tinjau daftar isi pembahasan ini

{getToc} $title={Table of Contents}

Kalian bisa langsung menuju ke section yang penting, atau membacanya dari awal.


illustrasi RAM komputer
Illustrasi RAM Komputer



Apa Itu RAM?


Sebelum kita memahami peran RAM, mari kita pahami apa itu RAM secara mendalam. RAM adalah kependekan dari Random-Access Memory, yang merupakan salah satu bentuk memori jangka pendek pada komputer. Ini adalah tempat di mana data yang diperlukan oleh prosesor komputer disimpan sementara untuk menjalankan aplikasi dan membuka berkas. Dalam istilah yang lebih sederhana, RAM adalah memori singkat yang membantu komputer kita berjalan lancar, ketika komputer sudah tidak dialiri listrik, maka data sementara itu akan dihapus dan seperti lega kembali. {alertInfo}


Mengapa memahami RAM Penting Bagi Mahasiswa?


Ini berkaitan dengan kemampuan Multitasking pada komputer, karena Mahasiswa seringkali harus menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan, seperti mengakses internet, mengedit dokumen, dan menjalankan program. RAM yang cukup akan memungkinkan mahasiswa untuk melakukan multitasking tanpa khawatir komputer akan nge hang atau lambat, biasanya bahasa kerennya nge-freeze.


Kedua berkaitan dengan Kemampuan Menangani Berkas / file Besar, Ketika mahasiswa bekerja dengan berkas besar, seperti gambar berkualitas tinggi atau video misalnya sudah 8K, RAM yang memadai akan memastikan bahwa prosesor komputer dapat menangani tugas tersebut tanpa lelet selain faktor lain seperti kemampuan processor dan graphic.


Ketiga berkaitan dengan Peningkatan Produktivitas! Yup! RAM yang memadai akan membantu mahasiswa bekerja lebih efisien. Dalam mengejar tenggat waktu tugas, mengurangi waktu menunggu dan meningkatkan kinerja komputer adalah aset berharga. RAM yang cukup akan membuat komputer menjadi responsif. Mahasiswa tidak akan merasa terganggu oleh lambatnya respons saat berpindah antara aplikasi atau saat menjalankan perangkat lunak yang menuntut seperti perangkat pengeditan video.


Berapa Banyak RAM yang Dibutuhkan?


Kuantitas RAM yang dibutuhkan bergantung pada penggunaan komputer. Mahasiswa yang menggunakan komputer untuk tugas-tugas sehari-hari seperti menjawab email, menjelajah web, dan mengedit dokumen, mungkin akan merasa nyaman dengan 4 GB hingga 8 GB RAM.


Namun, bagi mahasiswa yang juga terlibat dalam pekerjaan yang lebih intensif seperti pengeditan video atau bermain game, maka 12 GB hingga 16 GB RAM dapat menjadi pilihan yang lebih baik. Pengguna komputer yang memiliki kebutuhan lebih tinggi, misalnya untuk pekerjaan desain grafis atau pengembangan perangkat lunak, dapat mempertimbangkan 32 GB RAM atau lebih.


Cara Menentukan Jumlah RAM yang Kalian Miliki


Mahasiswa dapat dengan mudah mengecek berapa banyak RAM yang dimiliki oleh komputer mereka. Cukup buka Task Manager dan pilih tab "Performance," lalu klik "Memory." Ini akan menunjukkan seberapa banyak RAM yang digunakan dan seberapa banyak yang tersedia. Jika penggunaan RAM kalian sering mendekati kapasitas maksimum, itu bisa menjadi indikasi bahwa perlu meningkatkan RAM.


Kapan Harus Melakukan Upgrade RAM?


Ada beberapa tanda yang bisa mengindikasikan bahwa kalian perlu melakukan upgrade RAM:


  1.     Komputer seringkali menggunakan lebih dari 80% RAM-nya, hal ini bisa kalian lihat di Task Manager, maka biasanya akan ditampilkan status RAM.
  2.     Aplikasi membuka atau berjalan dengan sangat lambat.
  3.     Komputer sering mengalami crash atau aplikasi seringkali macet.
  4.     Membuka beberapa aplikasi sekaligus mengakibatkan penurunan kinerja yang signifikan.
  5.     Kalian menerima pesan bahwa komputer tidak memenuhi persyaratan minimum saat menginstal aplikasi.


Jika kalian mengalami beberapa atau semua tanda ini secara berulang, itu mungkin saatnya untuk mempertimbangkan upgrade RAM, karena memang tak jarang Mahasiswa yang datang untuk memperbaiki laptop atau komputer ke tempat service karena mengeluh laptop / komputernya lemot, sering nge hang, dan ketika ditelusuri, ternyata RAM nya hanya 2GB atau 4GB , dimana dia pakai Windows yang notabene sekarang ini semakin membutuhkan perangkat hardware yang mumpuni.

Soalnya kadang kalau di sodori ChromeOS Flex misalnya juga masih terlalu asing...





Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال