Micro SD Card tuh Beda sama SD CARD bro! Jangan salah Beli!

RahmanCyber.COM Tech - Micro SD Card merupakan sebuah kartu memori kecil yang digunakan untuk menyimpan data digital seperti foto, video, musik, dan dokumen. Nah, Ukurannya yang kecil dan ringan membuatnya sangat populer di perangkat elektronik seperti smartphone atau ponsel cerdas, kamera digital, tablet, dan perangkat elektronik portabel lainnya. 

Micro SD Card yang ada di pasaran marketplace memiliki kapasitas penyimpanan yang beragam, mulai dari beberapa megabyte hingga beberapa terabyte, tergantung pada jenis dan modelnya. Kecepatan transfer data pada Micro SD Card juga bervariasi, dari yang paling lambat hingga yang sangat cepat untuk mendukung kebutuhan pengguna dalam menyimpan dan mengakses data digital mereka.

Rekomendasi ini bersifat Subjektif, dari pengalaman saya sendiri, oke.. 


Micro SD Card ini beda dengan SD CARD


Yup! benar sekali jadi untuk micro sd card ini memang berbeda dengan SD card Karena untuk sd card sendiri dia lebih besar ukurannya sehingga ketika kalian memasukkan nya di Smartphone maupun di tablet ataupun di kamera kecil misalnya action camera tentu hal ini tidak akan bisa masuk karena memang ukurannya yang lebih besar.

tetapi Walaupun demikian micro sd card ini bisa dijadikan SD card dengan menggunakan adapter dimana itu akan bisa mengubah micro sd card ke ukuran yang lebih besar sebagai SD card tetapi untuk sd card sendiri dia tidak bisa diubah menjadi micro sd card karena memang untuk ukurannya sudah besar


adapter micro sd ke sd card
Contoh Adapter Micro SD ke SD Card Samsung




Micro SD Card itu Ada Tingkatannya Loh!


Saat ini, kebutuhan penyimpanan data semakin meningkat seiring dengan perkembangan teknologi. Salah satu cara terbaik untuk memperluas kapasitas penyimpanan pada perangkatmu adalah dengan menggunakan Micro SD Card. Tapi, tunggu dulu! Kamu tahu nggak kalau ada tingkatan Micro SD Card dengan kecepatan yang berbeda-beda? Ayo, kita simak bersama tingkatan Micro SD Card ini!


1. Kelas Lambat (Ekonomis)


Kita mulai dari yang paling dasar, yaitu kelas kecil. Micro SD Card kelas ini biasanya ditandai dengan angka 2 atau 4. Kecepatan transfer datanya nggak terlalu ngebut, tapi tetap bisa menjalankan tugas sehari-hari dengan baik. Cocok buat kamu yang nggak terlalu banyak berurusan dengan file berukuran besar, seperti lagu, foto, atau dokumen sederhana.


2. Kelas Menengah (Nyaman)


Nah, kalau yang satu ini lebih canggih sedikit. Micro SD Card kelas menengah memiliki kecepatan transfer data yang lebih baik, biasanya ditandai dengan angka 6 atau 10. Dengan kecepatan ini, kamu bisa dengan lancar menyimpan dan membaca file-file yang lebih besar, seperti video HD. Jadi, buat kamu yang hobi merekam momen-momen penting, Micro SD Card kelas menengah ini cocok banget!


3. Kelas Cepat (Professional)


Ini dia yang paling wah! Micro SD Card kelas tinggi memiliki kecepatan transfer data yang luar biasa. Biasanya ditandai dengan angka U1, U3, V30, V60, atau V90. Dengan kecepatan super cepat ini, kamu bisa melakukan segala macam hal yang butuh performa tinggi, seperti merekam video 4K, bermain game berat, atau mengedit foto dan video dengan lancar. Bisa dikatakan ini adalah tingkatan untuk pengguna Pro... Karena jika hanya digunakan untuk transfer file biasa dan pekerjaan yang tidak berat sih saya rasa percuma dan sia sia beli MicroSD Card kelas ini..., lebih baik yang menengah lebih ngirit uang dan sudah mencukupi untuk kebutuhan sehari  hari yang biasa biasa aja.


4. Kelas dengan Fitur Spesial


Selain ketiga tingkatan di atas, ada juga kelas khusus yang nggak bisa dianggap remeh. Micro SD Card kelas khusus ini dibuat dengan fitur-fitur tambahan yang menambah kemampuan dan keamanan. Contohnya, ada Micro SD Card dengan teknologi X-ray proof, magnet proof, atau tahan air. Jadi, kalau kamu sering berpetualang atau bekerja di lingkungan yang keras, Micro SD Card kelas khusus ini wajib kamu pertimbangkan.


Nah, itulah tadi tingkatan Micro SD Card yang bisa kalian pilih sesuai dengan kebutuhan. Ingat, semakin tinggi tingkatannya, semakin cepat kecepatannya! Jadi, pastikan kalian pilih yang sesuai dengan kebutuhan dan budgetmu. 


Hehe, memang sih paling Oke yang kelas Khusus :) , tapi itu paling mahal... karena beragam fitur yang menjadi daya tariknya disamping kecepatannya.


Aku aja disini mentok pake yang Kelas Tinggi.. ya, targetku di kecepatan sih, sehingga kamera smartphoneku dapat menulis lebih cepat. Termasuk Action Camera DJI Action 2, dimana aku memang harus membeli yang Kelas Tinggi untuk mendapatkan performa maksimal dari perekaman kamera aksi tersebut.



Pengalaman Menggunakan Micro SD Card


Biasanya aku sendiri memakai 2 merek untuk Micro SD Card, dengan beragam variannya, merek tersebut adalah Samsung dan Sandisk. Dari dulu sampai sekarang, aku masih percaya dengan kedua merek tersebut... walaupun yang lain juga gak kalah oke, tapi disini pengalamanku memakai kedua merek itu.


Aku menaruh rekomendasinya disini https://mycollection.shop/quesearch


Nah, ada beberapa perbedaan dari kedua brand tersebut, jika Sandisk menawarkan garansi seumur hidup, untuk samsung sendiri menawarkan garansi antara 5 - 10 tahun, tapi untuk produk terbaru itu aku lihat garansi sampai 10 tahun.


Menarik sih, tapi aku sendiri masih mantap dengan kedua brand tersebut.



Pilihanku Untuk Perangkat Perekaman 4K (Action Camera, Smartphone UTAMA REKAM UHD untuk Produksi Video Youtube)


Ketika aku memilih SD Card untuk perekaman kamera, entah itu foto ataupun video, dimana itu membutuhkan kecepatan dan ketahanan MicroSD dalam merekam dengan resolusi tinggi, misalnya 4K.

Aku biasanya memilih SANDISK EXTREME PRO,  sangat jarang aku memilih SANDISK EXTREME yang warnnya GOLD, walau juga kecepatannya tidak terlalu jauh dengan yang versi PRO warna hitam.


Sandisk Extreme Pro

 

Original Sandisk Extreme Pro - https://shope.ee/6UlUgundti


Alasannya kenapa? ya kecepatannya itu dan ini merupakan tingkatan yang aku lihat paling tinggi yang dijual di marketplace indonesia. Walaupun harganya cukup mahal, tapi setidaknya ini buat investasi dan keamanan perangkatku juga. Karena memang digunakan untuk perekaman secara kontinyu.

Aku suka kecepatan Writenya bro.. (write speed up to 90MB/s*) walaupun biasanya gak sampai, tapi setidaknya lumayan untuk kecepatan writenya.


Jadi untuk masalah Perekaman yang sebagian besar menggunakan fungsi penulisan, maka yang jadi poin utamaku ya "Write Speed"


Kenapa pilih yang 128? karena 128 itu pasti tidak full dapet 128, melainkan 119 dari pengalamanku.. jadi itu lumayan lah..

karena kalo yang 64, tentu tidak sampai 64 dan tau sendiri kan kalo smartphone sekarang susah.. mau masukin micro sd card aja harus pakai pin ejector... kan ribet..


Beda dengan ketika kita pakai DJI Action 2, dimana kita bisa dengan mudah berganti Micro SD Card, tinggal cetetkan aja dan dan ganti... ini sangat simple, tapi memang perangkat seperti ini tuh tidak waterproof... karena ini kan kebuka... hanya aja kalo di DJI Action 2 itu berada di Power Modul, sehingga untuk bagian kameranya Rapat.



Pilihanku untuk Perangkat Smartphone yang Fungsinya untuk Nambah Penyimpanan Aja


Nah, kalo ini gak usah yang mahal mahal deh, tetapi semakin baik pilihan kelasnya semakin cepat juga membaca dan menulisnya. Hanya aja pilihanku tidak setinggi pas aku memutuskan memilih untuk perangkat perekaman.


Jadi aku pilih yang murah..


Kalo Enggak Samsung Evo Merah ya Sandisk Ultra.. udah itu cukup.. yang penting adalah Size Penyimpanannya aja sih...


Sandisk Ultra
Sandisk Ultra

Untuk yang sandisk ini itu udah Class 10 ya bro, dan ini lumayan lah Class 10 U1 , bisa dibilang ini Class 10 . Kalo untuk merekam, ini tuh maksimal rekomendasi hanya sampai full hd aja... jadi gak support 4K, walau kalo dipaksain bisa, cuman bisa aja nanti panas,karena gak kuat, itu sih yang aku takutin kalo gak sesuai.

Kalo untuk Chromebook, tentu ini udah cukup oke sih, terutama untuk menjalankan Aplikasi Portabel Linux AppImage.


Samsung Evo
Samsung Evo

Kalo untuk Samsung Evo ini lebih tinggi ya, karena udah Class 10 tapi U3,.. tapi ada juga loh yang U1... 

Hanya aja sekarang tuh untuk yang Samsung Evo Merah udah diganti deh yang baru warna Putih, dengan kecepatan yang lebih baik pas aku lihat.

Cuman aku tidak memiliki pengalaman memakai Samsung Evo Plus Warna Putih.. belum beli nih..


Nah, mungkin disini kalian penasaran nih tentang U1, U2, U3 di Micro SD tersebut...

U itu mengacu pada keceptan Tulis Minimum... jadi Micro SD itu minimal harus mencapai nilai tertentu untuk batasan tiap U.

U1 berarti kecepatan tulis minimumnya 10 MB/detik, U2 ada di angka 20 MB/detik, dan U3 mencapai 30 MB/detik.





Kira - kira seperti itu dulu ya bro untuk artikelku kali ini, semoga bisa memberikan sedikit gambaran tentang MicroSD.






Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال