Cara Mengubah Smartphone Menjadi Microscope untuk Mengambil Gambar / Footage Micro

Yup, objek micro memang cukup unik, kenapa? karena untuk smartphone biasanya hanya dibekali lensa kamera utama saja, entah itu sudut standard maupun wide atau bahkan super wide untuk kamera utamanya, walau di beberapa smartphone ada beberapa kamera untuk saat ini, tapi jelas yang paling penting adalah kamera utamanya, sedangkan yang lainnya adalah support.


lensa laser mainan vs lensa microscope apexel 200x smartphone



Sebagai contoh, smartphone Samsung A03s ada lensa macronya, tetapi jika mengambil gambar macro, hasil gambarnya memiliki resolusi yang kecil.. kenapa? karena lensa macronya hanya 2mp .. cek aja di Spesifikasi Samsung A03s yang pernah aku bahas atau disini https://www.gsmarena.com/samsung_galaxy_a03s-10937.php kalo gak percaya.. 

Sehingga hasilnya tidak seperti ketika kalian memakai pengambilan gambar dengan normal.. atau kamera utama (non macro).

Lalu, bagaimana agar smartphone dapat mengambil gambar macro maupun micro? 


Macro dan Micro masuk dalam beragam jenis fotografi seperti yang telah saya jelaskan disini untuk pembahasan tentang lensa, processor kamera dan beragam jenis pengambilan gambar / foto



Perbedaan Macro dan Micro dalam Fotografi


(Perbedaan Macro dan Micro terletak pada bidangnya, untuk Micro jauh lebih kecil.., sedangkan macro lebih besar dari micro atau jaraknya lebih luas, sedangkan micro itu lebih diperbesar atau zoom).

Tau Microscope? nah itu contoh fotografi micro bisa menggunakan microscope.. kenapa? karna kalian bahkan bisa mengambil gambar dari objek yang sangat amat kecil...

sedangkan Macro itu lebih besar lagi dari perhitungan micro...

Jalan satu satunya adalah kalian memakai Lensa External, atau lensa tambahan, sehingga kalian akan mendapatkan hasil dari kamera utama bukan kamera tambahan.


Tentu hasilnya akan menyesuaikan resolusi kamera utama bro..


Lensa Micro untuk Smartphone


Ada beberapa cara untuk kalian dapat mengambil gambar micro dengan smartphone, berikut beberapa caranya :


1. Menggunakan Microscope Asli dan kamera diletakkan ke Viewfinder Microscope tersebut

Yup! tentu kita tahu harga microscope ilmiah itu tidaklah murah bro.. bahkan jutaan.. tetapi ini adalah cara paling mudah kalian dalam mengambil gambar atau foto micro, berbagai makhluk micro seperti kuman, bakteri bahkan kalian bisa jangkau dengan ini.


2. Menggunakan Lensa dari Laser Mainan

Yup! Laser mainan itu ada lensanya, ada yang besar dan ada yang kecil banget.. tergantung laser mainannya.

Biasanya jika kalian membeli laser mainan yang hanya ada lasernya aja, kalian akan mendapat lensa yang berdiameter lebih besar, sedangkan jika kalian beli yang ada lampu pernak perniknya, biasanya lensa lasernya kecil banget.


3. Menggunakan Lensa Microscope untuk Kamera Smartphone

Nah, ini yang paling posible dengan harga terjangkau sih menurutku, makannya pas aku coba beli untuk uji coba, aku putuskan untuk memilih ini, terlebih untuk eksperimen pengambilan objek macro dari smartphone.

Contohnya adalah ini ketika kita bandingkan secara langsung dengan cara yang kedua diatas yaitu menggunakan lensa yang diambil dari laser mainan.




Seperti itu sob.. dan dari kesimpulanku, aku lebih cocok memakai lensa microscope dengan pembesaran 200x dari Apexel tersebut, dengan eksperimen yang sudah aku uji sendiri.










Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال