Lensa, Processor Kamera dan Beragam jenis Videografi dan Fotografi

Fotografi dan videografi merupakan salah satu hobi yang menyenangkan jika memang kalian benar benar passion dan memiliki minat tentang itu. 



editorial
 foto editorial



fotografi maupun videografi untuk memiliki banyak sekali varian dari berbagai macam teknik dan sudut pandang pengambilan gambar sehingga ketika kalian memiliki minat ke sudut pandang tertentu, maka kalian bisa menekuni sudut pandang tersebut, misalnya kalian minat di fotografi tentang pemandangan / scenery, maka yang kalian butuhkan adalah perangkat kamera yang dapat mendukung minat kalian tersebut.


Lensa dan Processor Kamera adalah Inti!


Kita tahu bahwa setiap kamera, entah itu DSLR maupun Mirrorless, atau kamera lainnya itu memiliki lensa standard, dengan sudut pandang yang standard seperti ketika orang itu melihat disekitar, dan jika kita ingin mengeksplore sudut pandang lainnya, maka kita perlu lensa lainnya, misalnya lensa wide yang sangat cocok bagi penggemar sudut pandang pemandangan atau scenery, bahkan sekarang juga ada yang benar benar wide atau super wide, tentu hal ini akan menjadikan penggemar scenery menjadi lebih bahagia, karena sudut pandangnya semakin luas dan terlihat epik!

Lalu buat kalian yang suka macro, tentu kalian akan kesulitan mendapatkan hasil gambar yang jelas dengan lensa standard, maka kalian perlu lensa macro agar kalian bisa mengambil gambar detail dengan jarak yang dekat menggunakan kamera kesayangan kalian, entah itu DSLR, MIrrorless maupun Smartphone.

Ada beragam lensa yang saya pahami, 

1. Lensa Standard
2. Lensa Wide
3. Lensa Super Wide
4. Lensa Macro
5. Lensa Micro
6. Lensa Tele

dari beberapa lensa diatas, ada juga variasi lensa lainnya, tetapi lebih ke areah filter sih,
seperti Fish Eye, Kaleido, Polar CPL, ND dan lainnya

Lalu untuk Processor kamera seperti DIGIC milik Canon contohnya juga tak kalah penting, karena ini nantinya juga menentukan hasil pengambilan gambar berupa foto satuan maupun kumpulan frame atau video.

Yup! tidak hanya perangkat komputer aja yang memiliki processor, melainkan juga kamera DSLR, tetapi disini lebih khusus untuk pemprosesan gambar.

Lalu bagaimana dengan smartphone, kan juga sama memiliki processor ^_^ , ini nantinya akan mempengaruhi pemprosesan gambar dari kamera kalian.. makannya kan ada smartphone yang dia support 4K, ada yang enggak, atau mentok di HD untuk resolusinya, ada juga masalah kualitas.. antara smartphone satu dengan lainnya kok beda..  ya itulah bro salah satunya..

Dari pemahamanku seperti itu, silahkan koreksi jika ada beda pendapat, dan cantumkan juga sumbernya.. :)



Jenis Photography yang Perlu kita Tau


Sebenarnya ada banyak sekali, saking banyaknya jadi mumet.. hehe,tapi kalo dari saya sendiri lebih memahami sebagai sudut pandang, sebagai apa dan tujuannya apa, targetnya apa... dan biasanya memang dituliskan jenis jenis photography pada umumnya. Jadi tidak perlu bingung memahami artikel ini, karena saya biasa menyebutnya dari pemahamanku pribadi..

Ada banyak sekali jenis jenis / sudut pandang Photography (fotografi) maupun Videography (videografi), ada beberapa :

Photo journalism yang biasanya berkaitan dengan jurnalistik, still life, Potrait, Comercial advertising, Abstrak. Wedding, Fashion, Food, Fine Art, Landscape, Wildlife, Street, Underwater, Infra Red, Architectular, Scientific, Aerial, Astro, Night Shot.

sebenarnya saya rasa ada lebih banyak lagi tergantung tujuan, sudut pandang, posisinya sebagai apa.












Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال